Selasa, 03 Mei 2011

HISTORY OF SAINT MARIE MALANG

HISTORY THROUGH THE YEAR:
1950  Sr. Henrica Maria Verhoef yang akrab dipanggil Sr. Gerarda, kelahiran Stoutenburg - Nederland, 5 Mei 1919 tiba di Indonesia sebagai misionaris. Melaksanakan tugas panggilannya sebagai pendidik dan menjadi kepala sekolah baik SD maupun SLTP untuk beberapa tahun.
1960  Sr. Gerarda mendirikan SMAK Santa Maria sebagai filaal SMAK St. Albertus yang bertempat di Jl. Panderman 7A Malang. Memulai pengajaran pada awal tahun 1961-1962. Pada saat ini jumlah siswa tidak lebih dari lima puluh orang.
1964  Dengan dukungan dari para wali murid, beberapa penderma sosial, Dewan Pengurus Suster SPM, beliau berhasil membeli sebidang tanah dan membangun sebuah gedung sekolah di Jl. Raya Langsep 41 Malang.
1965  Santa Maria mulai berdiri dengan nama SMAK Santa Maria dan berstatus swasta.
1978  Pembangunan lapangan olahraga dan perluasan aula. Dengan anjuran dokter di Surabaya, Dewan Pengurus Suster SPM Nederland dan Indonesia dan demi ketaatan, beliau kembali ke Nederland untuk mendapatkan perawatan yang lebih intensif.
1979  Pada pertengahan Juli, Dewan Pengurus Suster SPM mengangkat Sr. Francine Tjandrawati menjadi Kepala Sekolah SMAK Santa Maria untuk menggantikan Sr. Gerarda yang sedang sakit. Dengan dukungan para guru dan dengan dikuatkan oleh pesan-pesan Sr. Gerarda menjelang wafatnya, peningkatan mutu pendidikan, penyempurnaan, dan pembangungan sekolah berjalan terus.
1984  Penambahan dua lokal kelas dan sebuah perpustakaan. Pada bulan Oktober SMAK Santa Maria diakreditasi.
1985  Penambahan tiga lokal kelas, ruang doa, ruang konselor, dan penambahan tiga lokal kelas menjadi sebuah ruang mengetik, komputer dan laboratorium fisika. Selain itu, SMAK Santa Maria mendapat status "Disamakan".
1986  Penambahan ruang serbaguna yang sekarang berfungsi sebagai ruang kesenian.
1990  Pembangunan ruang biologi dan kantin.
1994  Berlakunya kurikulum 1994 dan berubahnya nama SMAK menjadi SMUK Santa Maria. Program SMU dari A1, A2, A3 dimula pada permulaan kelas II (kurikulum 1984), berubah menjadi IPA, IPS dan BHS dimulai pada permulaan kelas III.
1995  Pada awal Juni membongkar aula menjadi ruang perpustakaan, audio visual, internet. Sanggar, laboratorium bahasa, stensil, istirahat guru, beberapa gudang, aula baru dan kamar mandi / kamar kecil.
2001  Pergantian jabatan Kepala Sekolah SMUK Santa Maria dari Sr. Francine Tjandrawati kepada Sr. Laurentia Kartini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar